Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BERITADAERAHDESAEKONOMINASIONAL

Ketua Wanara Konsel, Samsul : PT. Merbau Jaya Indah Raya Tidak Memberikan Kesejahteraan tetapi Memberikan Penyakit Bagi Masyarakat

246
×

Ketua Wanara Konsel, Samsul : PT. Merbau Jaya Indah Raya Tidak Memberikan Kesejahteraan tetapi Memberikan Penyakit Bagi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Portalterkini.com – Konawe Selatan, Ketua Wanara Konsel, Samsul, menyatakan bahwa untuk pertama kalinya Pabrik Pengolahan Kepala Sawit dibangun diKabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara, yang dikelola oleh PT. Merbau Jaya Indah Raya, tepatnya di Desa Larepako Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan dengan luas kebun inti 6.300 hektar dan kebun plasma 1.500 hektar.

Example 300x600

Samsul, menjelaskan bahwa munculnya pabrik pengolahan kelapa sawit seharusnya memberikan dampak positif baik dari segi lingkungan, sosial maupun ekonomi kepada masyarakat khususnya yang berada wilayah sekitar pabrik. Namun kenyataannya, masyarakat sekitar pabrik dipaksa beradaptasi dengan dampak yang terjadi akibat aktivitas pabrik yang terus menerus berproduksi, yaitu adanya limbah hasil produksi pabrik yang mengeluarkan bau tidak sedap serta debu jalan yang sampai hari ini menjadi masalah terbesar masyarakat sehingga sangat mengganggu aktivitas serta mengancam kondisi kesehatan masyarakat sekitar.

Hal ini sesuai dengan banyaknya keluhan masyarakat yang berada disekitar pabrik pengolahan kelapa sawit yang notabene nya merasakan dampak negatif akibat aktivitas pabrik. Menyikapi kondisi tersebut, maka perlu adanya kontribusi PT. Merbau Jaya Indah Raya sebagai perusahaan yang bertanggungjawab akibat dampak negatif yang dihasilkan. Melihat, selama ini belum pernah ada tanggungjawab sosial atau CSR dari perusahaan kepada masyarakat sekitar baik pada aspek sosial, ekonomi maupun lingkungan. Sedangkan pelaksanaan CSR adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis dalam berkontribusi pada kondisi sosial, ekonomi dan lingkungan yang berkelanjutan.

“Kami sudah beberapa kali melakukan protes terhadap pabrik pengolahan kelapa sawit tersebut, terkait masalah limbah yang mengeluarkan bau tidak sedap tetapi belum ada tanggapan dari pihak penanggung jawab pabrik, baik direktur ataupun manajer PT. Merbau Jaya Indah Raya“.

Pihak perusahaan pabrik kelapa sawit PT. Merbau Jaya Indah Raya susah untuk ditemui kalau hanya sekalas masyarakat kecil apalagi untuk menemui terkait keluhan.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan