Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BERITADAERAHPENDIDIKAN

SBMPTN Universitas Sriwijaya Ada 4.171 Calon Mahasiswa Yang Lulus

109
×

SBMPTN Universitas Sriwijaya Ada 4.171 Calon Mahasiswa Yang Lulus

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Portalterkini.com – Palembang – Universitas Sriwijaya Palembang Sumsel secara serentak mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SPMPTN), Senin (14/6/2021).

Example 300x600

Ketua Panitia SBMPTN Unsri, Zainuddin Nawawi mengatakan, yang memilih Unsri baik itu pada pilihan pertama maupun kedua turun dibandingkan sebelum Covid dulu.

Peminat yang memilih Unsri pada pilihan pertama sebanyak 17.886 calon mahasiswa dan menetapkan pada pilihan kedua sebanyak 16.721 calon mahasiswa, sehingga jika ditotal jumlahnya mencapai 34.607 calon mahasiswa.

“Jumlah tersebut diluar target pihaknya yang memperkirakan bisa diatas 40an ribu mahasiswa. Ini berkaca pada peminat yang ingin masuk Unsri dalam jalur yang sama sebelum Covid tembus diatas 44an ribu peminat,” ujarnya.

Menurutnya, turunnya jumlah peminat bisa karena berbagai faktor. Paling utama karena Covid atau pandemi dimana penghasilan para orang tua banyak yang turun. Ini terlihat dari penerimaan pada jalur sebelumnya, yakni SNMPTN yang sudah digelar sebelumnya, hampir 40an calon mahasiswa mengundurkan diri karena tidak bisa membayar uang kuliah dan uang registrasi.

“Penghasilan orangtua menurun karena Pandemi, bayangkan uang Rp 500 ribu banyak yang tidak mampu bayar sehingga banyak yang mengundurkan diri. Jadi masalah finansial mungkin salah satunya yang membuat minat turun, ” bebernya.

Faktor lainnya, lanjut dia, karena penghasilan berkurang banyak juga orang tua yang menunda waktu kuliah anaknya menunggu situasinya aman. Ada juga karena banyak universitas atau jurusan yang memang dipilih orang tuanya namun tidak sesuai keinginan orangtuanya.

Zainuddin menjelaskan, pihaknya tetap menjalankan semuanya sesuai aturan yang berlaku karena pada jalur tersebut, penerimaan kuota atau daya tampung calon mahasiswa baru Unsri sebanyak 40 persen. Sehingga jika ditotal saat ini, daya tampung untuk calon mahasiswa baru sudah mencapai 60 persen, dimana sudah diterima 20 persen melalui jalur SNMPTN.

Sebelumnya, lanjut Zainuddin, pihaknya sudah menerima hasil pengumuman kelulusan SBMPTN dari tim pusat pada pagi hari, kemudian pada pukul 15.00 sudah bisa dilihat pengumuman resminya yang langsung bisa diakses melalui https: //pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau http://sbmptn.unsri.ac.id

“Sebanyak 4.171 calon mahasiswa sudah dinyatakan lulus SBMPTN Universitas Sriwijaya Palembang, dimana peminat paling tinggi saat ini masih jurusan Kedokteran, jurusan Manajemen, jurusan Hukum dan Farmasi,” paparnya.

“Mereka yang dinyatakan lulus wajib melakukan registrasi paling lambat pertengahan Juli mendatang dengan melengkapi persyaratan yang sudah disetujui, diantaranya mengisi biodata dan membayar biaya yang sudah disepakati pada bank yang sudah ditunjuk, yakni melalui bank BNI, bank BRI, bank Sumsel Babel dan Bank Mandiri.
Untuk besaran biayanya sesuai persyaratan yang sudah disetujui dan itu semuanya masuk dalam anggaran penerimaan negara jadi memang tidak bisa diubah, ” paparnya.

“Calon mahasiswa yang lulus juga harus melakukan tes kesehatan pada rumah sakit milik pemerintah setempat maupun rumah sakit TNI atau Polri. Semua peserta wajib memenuhi semua hal yang masuk dalam Syarat registrasi dan jika tidak melakukan registrasi hingga batas waktu yang telah ditentukan makan calon mahasiswa dianggap mengundurkan diri,” urainya.

“Bagi yang belum lulus, agar tidak berkecil hati karena Unsri masih akan melakukan penerimaan mahasiswa melalui jalur terakhir yakni jalur Mandiri yang akan dilaksanakan pada Juli mendatang. Ini dilakukan untuk memenuhi daya tampung mahasiswa yang tinggal 40 persen lagi. Universitas Sriwijaya menerima 7.483 mahasiswa baru dan saat ini sudah terpenuhi 60 persen. Tinggal 40 persen lagi kita penuhi melalui jalur terakhir yang pelaksanaan tes akan kita lakukan pada Juli nanti, ” pungkasnya.

Laporan. H

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan