Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BERITAKESEHATAN

Tidak Bisa Mencium Aroma Apapun, Ternyata ini Jawabannya

173
×

Tidak Bisa Mencium Aroma Apapun, Ternyata ini Jawabannya

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Portalterkini.com – Sultra – Maraknya penyakit yang dialami seseorang yaitu kehilangan indra penciuman disertai dengan flu, hingga langsung merasa stres dan berpikir bahwa apakah ia sedang terinfeksi Covid 19 atau tidak.

Example 300x600

Diwilayah Sulawesi Tenggara, Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan dan Kabupaten lainnya, banyak masyarakat yang bertanya – tanya tentang hilangnya indra penciuman dan perasa bahkan dibarengi dengan flu. Lantas apakah dengan adanya kehilangan indra penciuman sudah pasti karena Terinfeksi Covid 19 atau tidak ?

Dikutip dari SindoNews dan DUNIAOBERITA, Dokter Spesialis THT dan Leher RS Premier Bintaro, dr. Nina Irawati, Sp.THT-KL (K) ia mengatakan bahwa berdasarkan data statistik, kehilangan indra penciuman muncul pada 47-80% pasien Covid-19 .

“Tapi gangguan penciuman bisa juga dialami penderita flu biasa,” kata Dr. Nina dikutip dari kanal YouTube RS Premier Bintaro, Jumat (30/7).

Cara membedakannya, Dr. Nina menjelaskan bahwa kehilangan indra penciuman pada pasien Covid-19 timbul secara tiba-tiba. Baik berupa penurunan sampai hilangnya penciuman yang seringkali tidak disadari.

“Pada flu biasa gangguan penciuman disertai hidung meler ataupun hidung tersumbat. Kedua, gangguan penciuman pada Covid sering dibarengi dengan gejala dysgeusia atau hilangnya indra pengecap,” jelas Dr. Nina.

Di sisi lain, hilangnya indra pengecap membuat pasien Covid-19 tidak bisa merasakan makanan yang manis, pahit ataupun pedas. Hal tersebut sangat jarang terjadi pada flu biasa.

“Segera konsultasikan ke dokter bila gangguan penciuman dibarengi dengan demam ngilu-ngilu di badan dan batuk yang terus menerus,” tandasnya

Keterangan. Foto Hanya Sebagai Ilustrasi

Sumber : DuniaOberita.com / SindoNews

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan