Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BERITASOSIAL & BUDAYA

PWI Musi Rawas Gelar Rapat Penyusunan Formatur Pengurus Mappilu Tahun 2024

179
×

PWI Musi Rawas Gelar Rapat Penyusunan Formatur Pengurus Mappilu Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Portalterkini.com – Musi Rawas, Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Musi Rawas menggelar rapat dan menyusun formatur pengurus Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) tahun 2024 dan Membuka Pos Pengaduan di kantor Sektreteriat Komplek Agropolitan Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat, 17/05/2024 pada pukul 10:30 Wib sampai selesai.

Dalam rapat tersebut, ditunjuk sebagai Ketua Mappilu PWI Musi Rawas, Irhamudin, Wakil Ketua, Firmansyah dan Sekretaris, Rah Zainal alias Mimin Berita Lubuklinggau.

Example 300x600

Ketua Mappilu PWI Musi Rawas, Irhamudin mengatakan, peran dan fungsi Mappilu PWI ini adalah melakukan pemantauan dan pengawasan setiap tahapan hingga pelaksanaan Pilkada di Musi Rawas pada 27 November 2024 mendatang.

Fungsi pers yakni kontrol sosial lebih di kedapankan dalam mengimplementasikan tugas Mappilu ini nantinya.

“Sebagai produk pertama, Mappilu PWI Musi Rawas akan membuka Posko Pengaduan. Melalui posko ini nanti kita akan menerima informasi dari masyarakat terkait adanya potensi kecurangan maupun indikasi pelanggaran di setiap tahapan hingga pelaksanaan Pilkada,” kata Irham.

“Kita harapkan peran Mappilu PWI ini dapat memberikan kontribusi yang efektif dalam menyukseskan Pilkada 2024 di Musi Rawas melalui tugas dan fungsi pers,” Irham menambahkan.

Sementara, Ketua PWI Musi Rawas Jhuan Silitonga usai memimpin rapat pembentukan Mappilu PWI Musi Rawas menjelaskan bahwa Mappilu ini merupakan produk PWI yang dibentuk untuk mengontrol, mengawasi dan memantau pelaksanaan Pemilu di seluruh daerah, dalam hal ini terkhusus di Kabupaten Musi Rawas.

“Mappilu PWI adalah lembaga yang dibentuk PWI Pusat guna mengimplementasikan peran tugas PWI dalam tanggung jawab kebangsaan,” sebutnya.

Selain itu, Mappilu PWI memiliki kekuatan sumber daya manusia yang bertugas memantau yang diisi orang-orang yang berprofesi sebagai wartawan, yang nantinya akan melaksanakan fungsi Pers nya sebagai media pendidikan, informasi dan kontrol sosial.

“Semangat Mappilu PWI yakni tercapainya Pilkada Musi Rawas pada 27 November 2024 yang Bersih, Berkualitas dan Berintegritas (3B) sehingga menghasilkan pemimpin yang diharapkan masyarakat Musi Rawas,” ungkap Jhuan.

Untuk itu, kata Jhuan, dengan aktifnya kembali Mappilu PWI di Musi Rawas diharapkan dapat memaksimalkan peran dan fungsinya terutama dalam melakukan tugas pokoknya, menampung informasi dari masyarakat, melakukan cros cek dan perimbangan untuk diinformasikan kepada masyarakat melalui peran Pers.

“Selamat bertugas, berikan yang terbaik untuk daerah, bekerja secara profesional dan berkualitas sehingga kontribusi pers melalui Mappilu ini dapat menghasilkan Pilkada yang Bersih, Berkualitas dan Berintegritas,” harap Jhuan.

Adapun struktur Koordinator Mappilu PWI Musi Rawas, Pembina dan Penanggungjawab, Jhuan Silitonga, Ketua Irhamudin, Wakil Ketua Firmansyah, dan Sekretaris Rah Zainal.

Example 300250
Example 120x600